Kanthi
Featured | Podcasts

Ep 063 – Guru Yoga Kanthi Andayani Bongkar Cara Aman Online Dating

Bagi Janda yang siap dating lagi dan menggunakan dating app wajib tahu bagaimana sih cara dating online yang aman?

“Don’t Be Naive,” nasihat terbesar guru Yoga Kanthi Andayani berbagi pengalamannya sebagai seorang janda dan single mom dua remaja cara berdikari, memiliki jati diri yang mapan, dan juga kiat-kiat beronline dating yang aman. Jangan lugu ketika dating online karena ada banyak kasus scamming, catfishing, dan online grooming. Dengan pemahaman bahwa banyak penipuan online, terlebih lagi di ajang romance karena banyak yang gabung dengan dating app dengan harapan romantis. Perlindungan terkuat adalah nalar yang sehat dan ekspektasi yang riil.

Apa Yang Dicari Dari Dating Setelah Cerai?

Pertanyaan yang wajib ditanya di mula adalah: apa sih yang dicari dalam kehidupan baru setelah perceraian? Jawaban ini menentukan jalan yang ditempuh baik dalam masalah karir, menjalin suatu relationship yang baru dan juga cara mengasuh anak-anak bersama mantan yang sehat. “Hati harus ajeg dulu,” ujar Kanthi karena perempuan yang belum mengenal diri sendiri dan masuk ke belantara dating bisa menjadi sasaran empuk scammer. Perempuan yang desperate itu bisa cepat terbaca dari interaksi pertama. Ini yang harus dihindari.

Dan kalau sudah lebih siap baru gabung dengan online dating app.

Money Scam, Catfishing, & Online Grooming

Kenali dulu macam-macam penipuan yang ada dan kiat-kiat untuk tangkap jebakan-jebakan ini dari awal.

Money Scam – Sesuai namanya artinya ujung-ujungnya akan ada taktik lawan bicara minta uang untuk kebutuhan yang mendesak. Dan biasanya karena sudah main perasaan yang dimintain uang jadi korban dan transfer uang.

Catfishing – Catfish terjemahannya Ikan Lele. Intinya foto yang dipajang di profil online bukan foto orang yang sebenernya. Dan satu-satunya cara untuk tahu benar atau tidaknya jebakan ini adalah dengan video call. Tapi kali video call nya via Skype itu sudah red-flag karena via platform itu bisa rekaman dan menggunakan foto orang lain.

Online Grooming – Biasanya korban penipuan macam ini untuk anak-anak belia yang berkawan online dengan orang dewasa yang melatih mereka untuk merasa percaya dan beranjak dengan exploitasi yang konotasinya seksual. Kabar lebih buruknya banyak perempuan dewasa merasa mereka lebih pintar dari gadis-gadis lugu. Tapi begitu perempuan dewasa sekalipun gabung dating app mereka kadang bisa sama lugunya seperti gadis kemarin sore. Kembali ke nasihat Kanthi di awal “Don’t Be Naive.” Kalau merasa terlalu dirayu di awal dan ujung-ujungnya dimintain untuk melakukan hal-hal seksual, kirim foto-foto & video bugil ini contoh grooming yang sudah termasuk Kekerasan Berbasis Online.

Taktik Untuk Dating Online Aman & Sukses

Profile set-up – Kritis untuk buat profile narrative yang menarik dan menggambarkan siapa diri kita. Kanthi cerita observasinya kebanyakan perempuan hanya pasang satu-dua foto dan terlalu seksi jadi mengundang lawan bicara yang berpikir pendek dan mau cari iseng saja. Beda halnya dengan empat-lima foto-foto yang menggambarkan aktifitas apa saja yang suka dikerjakan dan siapa teman-temannya. Juga sama pentingnya di deskripsi profile untuk pasang jebakan pertanyaan yang mesti dibaca dan dijawab lawan bicara.

Untuk para pemula di online dating semoga dengan tips-tips di atas bisa semakin awas dengan pede browsing nya.

Untuk full interview dengan Kanthi bisa didengarkan di atas.
Resource for Yoga Teacher Training yang dilalui Kanthi bisa dicari di https://houseofom.com/200ytt

Similar Posts

Leave a Reply